MENU

by • February 8, 2021 • Internet, SharingComments (0)435

Cara Menyalin Shared Folder Drive Tanpa Harus Upload Ulang

Suatu hari Bagong dan teman se-geng piknik ke pantai di Gunungkidul. Kebetulan hanya Paijo yang membawa kamera mirrorless sehingga hanya dia yang rajin jepret saba jepret sini. Esok harinya Paijo mengunggah file-file hasil foto kemarin ke Google Drive lalu membagikan tautan ke teman-temannya termasuk Bagong. Sebagai pemilik file, Paijo hanya memberikan akses kepada temannya sebagai viewer, artinya hanya bisa melihat dan mengundunduh. Jika Paijo memutuskan untuk menghapus foto di akun Drive-nya, maka yang foto di Drive temannya pun akan ikut hilang.

Maka Bagong ingin menyalin foto dari folder Paijo langsung ke akun Google Drive-nya sehingga dia tak perlu khawatir akan kehilangan foto kenangan bersama teman-teman di masa datang. Bagong ingin cara lebih praktis daripada harus mengunduh semua file Paijo lalu mengunggah ulang. Apakah bisa? Bisa saja.  Caranya tidak sulit. Hanya dengan beberapa langkah, voilaaaa! File atau folder dari shared folder akan berpindah ke akunmu.

Cara Menyalin Shared Folder Google Drive

1. Di Google Drive pada tab Shared with me, buatlah shortcut folder/file yang ingin disalin. Klik kanan dan klik Add shortcut to Drive.

cara menyalin shared folder Google Drive

2. Buka https://colab.research.google.com/ dan klik New Notebook.

Lakukan mount Google Drive dengan cara, salin kode berikut dan paste di halaman Colab yang telah kita buat tadi:

Lalu klik Run cell atau ikon Play. Klik tautan yang diberikan untuk mendapatkan kode otorisasi. Lalu masukkan kodenya di kolom yang sediakan dan tekan Enter.

3. Pada halaman Colab, klik +Code dan salin kode di bawah ini dan klik Run/tombol play. Jangan lupa ganti tulisan ‘Tulis-nama-shortcut-folder-disini‘ dengan nama foldermu di Drive.

Setelah klik Run, kamu akan mendapatkan sebuah path baru yang digunakan untuk langlah selanjutnya.

4. Klik +Code lagi dan salin kode di bawah ini. Jangan lupa menyalin path diatas.  Ohya, jangan lupa bikin folder baru tempat file-file yang disalin akan ditempatkan lalu tulis pada kode di bawah.

Lalu klik Run / tombol play. Proses menyalin dari shared folder ke folder baru sedang berjalan. Cepat-lambatnya proses tergantung besar dan banyaknya file yang disalin.

Selamat mencoba.

Related Posts

Komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.