MENU

by • June 28, 2013 • BloggingComments (0)1305

Enable Mod_Rewrite di Local Server Apache

Saya ingin berbagi tips sederhana tetapi sering jadi problem yang bikin kita kebingungan.  Masalah ini sering saya alami ketika bekerja dengan WordPress pada server lokal.  Sebagai informasi, saya menggunakan AppServ sebagai local server.  Entah apa alasannya saya lebih familiar dengan AppServ dibandingkan dengan XAMPP atau yang lainnya.  Saya pikir ini hanya masalah kebiasaan saja.

Kembali ke topik. Masalah yang saya alami tersebut terjadi ketika mengatur kustomisasi permalinks WordPress misalnya menggunakan /%postname%/pada server lokal (karena saat bekerja langsung pada server online tidak muncul masalah ini). Pada server online kita cukup mengedit file .htaccess saja, namun pada server lokal ternyata itu tidak cukup membantu.

setting-permalink

Pada kondisi server Apache standar, ketika kita merubah permalinks WordPress maka link-link pada navigasi maupun post WordPress akan menuju ke 404 Error Page. Lalu apa yang harus dilakukan? Kita harus membuat mod_rewrite pada Apache.

Langkah 1

Temukan file httpd.conf yang berada di AppServ/Apache2.2/conf/. Buka dengan notepad atau software script editor lainnya.

Langkah 2

Temukan baris #LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so (Gunakan fasilitas pencarian agar lebih cepat)

file-httpdconf

Langkah 3

Hapuslah tanda tagar (#) pada #LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so sehingga berubah menjadi LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so lalu simpan.

Langkah 4

Restart Apache dan refresh WordPress dimana permalink telah kita kustomisasi.

Cukup mudah. Semoga membantu.

happy wheels

Related Posts

Komentar?